Konservasi-laut.net

...portal konservasi laut indonesia

  • Perbesar ukuran huruf
  • Ukuran huruf bawaan asli
  • Perkecil ukuran huruf

Basis Data Konservasi Laut Indonesia

Surel Cetak PDF

Situs web ini dibuat secara gotong royong oleh berbagai pihak untuk membangun basis data terumbu karang dan laut serta menyediakan data yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam kegiatan konservasi laut dan pesisir!

Informasi tentang kawasan konservasi laut (KKL) dan penelitian kelautan di Indonesia masih sulit didapat. Padahal, informasi merupakan elemen penting dalam pengelolaan kawasan pesisir dan laut, seperti yang diamanatkan dalam UU 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dan PP 60 tahun 2007. Hal tersebut disebabkan informasi dibutuhkan untuk membuat kebijakan pengelolaan kawasan yang baik dan tepat sasaran. Ironisnya, banyak sekali institusi yang bekerja di bidang tersebut. Sulitnya mendapatkan informasi mengakibatkan waktu, tenaga, dan dana banyak terbuang; tidak dapat membuat kebijakan dengan cepat dan tepat; bahkan, data yang diperlukan tidak dapat ditemukan. Untuk menjawab masalah tersebut dibuatlah www.konservasi-laut.net sebagai sumber sekaligus sarana bertukar informasi terkait KKL dan penelitian kelautan di Indonesia. Situs web ini pertama kali dikembangkan atas kerjasama Yayasan TERANGI dan Wildlife Conservation Society Indonesia Programme, kemudian dikembangkan lebih lanjut dan dikelola bersama Yayasan Reefcheck Indonesia dengan difasilitasi oleh Yayasan WWF Indonesia dan Coral Reef Alliance.

Informasi yang terdapat dalam basis data dibagi menjadi empat kelompok, yaitu KKL, pemantauan, tantangan, dan pengelolaan. Data KKL meliputi informasi umum (nama, status, dan dasar hukum), spasial (koordinat, peta, dan citra), dan nomor identitas KKL yang diberikan oleh KKP dan WDPA. Data pemantauan meliputi data lokasi, spasial (koordinat dan peta), waktu penelitian, deskripsi, dan sumber. Data pemantauan yang dikumpulkan bersifat umum dan berisi penelitian kelautan dari beragam aspek, seperti budidaya dan ekologi. Data  tantangan berupa deskripsi tantangan berikut sumbernya, sedangkan data pengelolaan meliputi informasi pihak-pihak terkait yang dapat dihubungi seperti: alamat, nomor telp, fax, email, situs web, nama kontak, jabatan, nomor telepon kontak, dan deskripsi tentang kontributor tersebut.

Sistem Basis Data

Program-program yang digunakan dalam pengembangan basis data ini adalah program dengan lisensi gratis atau bebas. Hal tersebut dilakukan agar pengembangan basis data tidak terkendala masalah lisensi. Basis data dikumpulkan dalam server basis data MySQL (Jarger dkk., 2002). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP (Lerdorf & Tatroe, 2002). Untuk memudahkan pengguna dalam mengerti informasi yang disediakan, penyajian dibuat pula dalam bentuk sistem informasi geografis (Longley dkk., 2005). Sedangkan untuk menampilkan data spasial dipergunakan GoogleMaps. Informasi spasial dari basis data di-overlay diatas peta dan citra dijital milik Google (Brown, 2006). Oleh sebab itu, tidak perlu menyediakan citra dan peta dasar lagi. Data yang tidak perlu disajikan dalam peta akan disajikan dalam bentuk tabel.

Untuk memulai, kunjungi "Cara Penggunaan Basis Data". Selamat menggunakan.

Coral Triangle Atlas

Selain itu, situs ini juga menyediakan ringkasan dari Coral Triangle Atlas yang dikelola oleh Reefbase. Isi dari web Coral Triangle Atlas diterjemahkan dan diringkas untuk dikonsumsi oleh pengguna di Indonesia. Silahkan kunjungi versi Bahasa Indonesia di sini atau langsung menuju situs resmi Coral Triangle Atlas.